10 Oktober 2007

PERSAMI PENGAMBILAN BADGE AMBALAN DAN BUKA-SAHUR BERSAMA




Salam Pramuka...

Sabtu & Minggu kemarin, 6-7 Oktober 2007, Gudep SMKN 1 Bawang, mengadakan Persami Pengambilan Badge Ambalan. Yaitu penggemblengan buat adik-adik kelas 1 yang pengin mengenakan badge ambalan. Karena bertepatan dengan bulan Ramadhan, acara ini juga sekaligus dijadikan acara kumpul-kumpul buka dan sahur bersama, seluruh anggota Gudep.
Acara ini diikuti oleh 33 calon penegak (siswa kelas 1), Dewan Ambalan (Kelas 2), Dewan ambalan yang sudah purna tugas (kelas 3), alumni yang masih aktif di Gudep (kak Gino, kak Indi, kak Noto, kak Edi), Pembina (Kak Novian dan Kak Umu), Pelatih (Kak Yatiman), juga guru-guru SMK N 1 Bawang (kak Rojih, kak Wisnu, kak Irawan, kak Rofika, kak Ratna, kak Eri, kak Samsul dan kak fadry)
Selain acara inti yaitu acara pengambilan Badge Ambalan yang dilaksanakan pukul setengah satu malem. acara dimulai pukul 15.00 WIB, dengan upacara pembukaan oleh Kak Novian, dilanjutkan acara Ngabuburit, yaitu acara permainan sambil nunggu waktu buka puasa, dipandu oleh Dewan Ambalan. ditambah acara Tadarus Al-Quran bareng-bareng. Setelah masuk waktu berbuka, maka acara buka puasa, walaupun dengan menu sederhana menjadi momen yang paling ditunggu. Waktu berbuka digunakan untuk membatalkan puasa, setelah sholat Maghrib berjamaah baru acara makan-makan dimulai. Setelah acara makan-makan kegiatan dilanjutkan acara sarasehan, adik-adik calon penegak berkeluh kesah mengenai kegiatan pramuka di SMK, dan dijawab secara tuntas oleh kak Umu, kak Novian, kak Yat dan DA. Untuk menyegarkan suasana kak Fika memberikan permainan berupa Problem Solving. adik-adik jadi bersemangat banget mengikuti acara ini. tak terasa waktu dah sampai pukul 21.00 WIB, maka acara sarasehan pun harus diakhiri, karena harus dilanjutkan acara Shalat Isya dan Shalat Tarawih berjamaah. Setelah sholat adik-adik disuruh untuk beristirahat. Pukul 24.00 WIB diadakan Upacara Pelantikan Dewan Ambalan yang baru, baru pukul 00.30 WIB adik-adik calon penegak dibangunkan untuk mengikuti penggemblengan pengambilan badge ambalan. adik-adik dibagi menjadi 4 sangga dan digembleng di 4 pos, baik dari segi tekpram, mental maupun pengetahuan. Setelah mengikuti penggemblengan adik-adik mengikuti Upacara Penyematan Badge Ambalan, dan mulai itu mereka secara resmi berhak mengenakan badge ambalan di seragam pramuka mereka.
Dari upacara kegiatan berlanjut ke acara sahur bersama, dengan menu sederhana adik-adik merasa senang karena bareng-bareng makan sahur. Acara tak berhenti itu saja, setelah Shalat Subuh, ada acara kuliah subuh. baru pagi harinya adik-adik mendapat materi kepramukaan, yaitu semaphore dan TEKPRAM. Akhirnya kegiatan persami berakhir pukul 08.00 pagi dengan upacara penutupan oleh kak Novian. Dan sayonara adik-adik pulang ke rumah masing-masing.
Itulah sekelumit cerita kegiatan persami pengambilan badge ambalan Parikesit/Chandra Sakti.

Walaupun dalam keadaan puasa adik-adik ternyata masih antusias mengikuti kegiatan kepramukaan, jadi tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa Pramuka tetap bisa sinergi dengan ibadah. karena kegiatan ini juga mencerminkan dasa darma dan tri satya yang pertama.

Pesen buat adik-adik calon penegak, kalian kan dah berhak menggunakan badge ambalan, maka setelah ini silahkan pasang badge ambalan di seragam pramuka kalian, tetapi ingat konsekuensinya kalian harus menjunjung tinggi etika, tata tertib dan kode etik (amalkan dasa darma dan tri satya), karena kalian sekarang membawa nama baik ambalan dan nama ekstrakurikuler Pramuka. Berikan contoh teladan yang baik buat teman-teman kalian, dan giat-giatlah berlatih.

Salam Pramuka...

Tidak ada komentar: