11 November 2007

Jambalaya Serayu 07

Jumpa Bakti Lingkungan Alam Raya (JAMBALAYA) Serayu 2007




Pada Kamis, 1 November kemarin, anggota Gudep 05.305/05.306, mewakili SMK N 1 Bawang mengikuti kegiatan Jumpa Bakti Lingkungan Alam Raya (JAMBALAYA) Serayu 2007 yang diadakan oleh PT Indonesia Power UBP Mrica.



Wakil ambalan yang mengikuti kegiatan Jambalaya adalah Candara Nur Yaliman, Markhatun Khasanah dan Watiah, ditemani Guru Pendamping Pak Novian. Sebenarnya ada satu nama yang harusnya ikut, tetapi tidak jadi berangkat yaitu Wildan Anton.

Kegiatan Jambalaya adalah kegiatan rutin yang diadakan PT Indonesia Power untuk mensosialisasikan kepedulian terhadap lingkungan, kepada masyarakat, siswa dan pemuda. Selain itu Kegiatan itu dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada generasi muda bahwa ketersediaan listrik di masa mendatang bergantung pada upaya kita dalam mengelola lingkungan.

Jambala Serayu 2007 kali ini mengambil tema "Dengan Jambalaya Serayu 2007 Kita Wujudkan Kepedulian terhadap Lingkungan untuk Mendukung Kelestarian DAS Serayu dan Waduk PLTA PB Soedirman"

Secara keseluruhan Jambalaya Serayu 2007 ini diikuti oleh sekitar 500 orang, yang terdiri dari Karang Taruna dan Ibu-ibu PKK dari desa-desa di sekitar Waduk Panglima Besar Soedirman, Siswa-siswi SLTP dan SLTA se-Kab. Banjarnegara (4 Siswa dan 1 Guru/Sekolah), Pengawas SD, Kwarcab Pramuka, dan Instansi terkait.

Dalam Jambalaya Serayu 2007, yang diadakan di Gedung Pertemuan PT Indonesia Power UBP Mrica Banjarnegara, diadakan beberapa kegiatan yang sangat menarik, mulai dari seminar masalah lingkungan, Workshop Daur Ulang Kertas, Workshop Membuat Kompos dan Zero Waste.

Acara Jambalaya Serayu 2007, diadakan selama sehari dimulai dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Acara Jambalaya Serayu 07, diawali dengan Upacara Pembukaan, dimana acara diisi dengan beberapa sambutan yaitu dari Ketua Panitia, dilanjutkan GM PT Indonesia Power UBP Mrica, Direktur Produksi PT Indonesia Power, dan dari Asisten Sekda II Bid. Ekonomi yang mewakili Bupati Banjarnegara.

Setelah Upacara Pembukaan, acara dilanjutkan dengan Seminar "Program Konservasi Lingkungan Hidup Dalam Rangka Antisipasi Pendangkalan Waduk Mrica", yang dibawakan oleh Drs. Mahali, M.M, Kepala LPMP Jawa Tengah. setelah itu dilanjutkan seminar "Bahaya Sterofoam Bagi Lingkungan dan Manusia" oleh Drs. Bambang Suryadi, M.Si.Apt, dari BPOM Jawa Tengah.

Setelah Break Makan Siang dan ibadah sholat, acara dilanjutkan dengan Workshop Daur Ulang Kertas yang dipandu dari Greeners Bandung. Selesai dijelaskan tata cara mendaur ulang kertas, dilanjutkan praktik langsung mendaur ulang kertas.

Setelah selesai workshop mendaur ulang kertas selesai, dilanjutkan Workshop membuat kompos dan memilih sampah dipandu Tim dari UNSOED Purwokerto.

Itulah sekilas, kegiatan Jambalaya Serayu 2007 yang kami ikuti. semoga dapat ditularkan kepada teman-teman yang lain, agar dapat ikut peduli terhadap lingkungan.

Alam bukan hanya milik kita, tetapi juga milik anak cucu kita. Lestarikan......

Tidak ada komentar: