26 April 2009

Upacara Adat Penyerahan Tiska TKPP

UPACARA ADAT PENYERAHAN PIAGAM PENGHARGAAN DAN TANDA IKUT SERTA KEGIATAN (TISKA) TKPP SE BARLINGMASCAKEB 2009

Jumat (24/4), telah dilangsungkan upacara adat penyerahan piagam penghargaan dan Tiska bagi anggota gudep SMKN 1 Bawang, yang kemarin mengikuti kegiatan Temu Karya Pramuka Penegak (TKPP) Se-Barlingmascakeb Tahun 2009, yang diadakan oleh Universitas Jenderal Soedirman.

Mungkin ada yang bertanya "kenapa kok udah susah-susah ikut kegiatan kok untuk dapat piagam ama tiska aja repot amat?", Upacara adat penyerahan tanda penghargaan adalah salah satu adat yang berlaku di Ambalan Parikesit dan Ambalan Chandrasakti, dimana setiap penegak anggota ambalan yang mewakili Gugusdepan SMKN 1 Bawang mengikuti kegiatan Kepramukaan atau Non Kepramukaan yang mendapatkan tanda penghargaan baik itu berupa sertifikat, piagam penghargaan, tanda ikut serta kegiatan (TISKA), tanda ikut serta gotong royong (TIGOR), atau brevet, dll. Tanda penghargaan tersebut dikarenakan mereka baik secara individu atau kelompok/sangga merupakan wakil dari gugusdepan, maka mereka belum berhak menyandang tanda penghargaan tersebut tanpa melewati upacara adat, yang merupakan pengesahan dari penghargaan gugusdepan kepada anggotanya yang telah mewakili gudep dengan baik.

Adat ini mungkin tidak berlaku di ambalan atau gugus lain, karena seperti pepatah lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Adat ini telah berlaku secara turun temurun di ambalan dan di gugusdepan ini, tradisi ini berlangsung terus dikarenakan ada filosofi yang terkandung di dalam upacara adat ini. Upacara adat ini mengandung makna bahwa sebagai anggota gugusdepan tidaklah boleh melupakan gugusdepannya, bahwa mereka dapat mengikuti kegiatan juga karena gugusdepan, sebaliknya gugusdepan juga perlu memberikan penghormatan kepada anggotanya yang telah mengharumkan nama gudep di setiap kegiatan yang diikuti, sehingga diperlukan suatu upacara penghormatan dalam pemberian tanda penghargaan kepada anggotanya.

Upacara adat penyerahan piagam penghargaan dan Tiska TKPP 2009, dilaksankan untuk menghargai anggota gudep yang telah mengikuti TKPP 2009 pada 27-29 maret 2009 di Buper Kendalisada, Kalibagor, Banyumas. Upacara ini dilaksankan di SMK Negeri 1 bawang, mengambil tempat di Ruang Kelas X RPL2. Upacara dilaksanakan setelah selesai latihan rutin kegiatan ekstrakurikuler Pramuka.

Jalannya Upacara....


Upacara adat ini dimulai dengan peserta calon penerima tanda penghargaan berbaris di lorong atas tangga. Setelah itu satu persatu menuruni tangga dengan berjalan jongkok sampai di depan kelas mereka melepas sepatu untuk mensucikan diri (Berwudlu) agar mereka selalu dalam lindungan Tuhan Yang maha Esa dan selalu dalam keadaan bersih dan suci, setelah itu memasuki ruang upacara sambil tetap berjalan jongkok, sesampainya di depan bendera Merah Putih, mereka berdiri menghadap bendera lalu memberikan hormat, sesudah itu mereka mencium bendera Merah Putih sambil berdoa dan bertekad untuk selalu membelanya. Setelah itu mereka berbaris.
Setelah semua peserta penerima penghargaan selesai dengan ritual di atas, maka peserta upacara yang lain memasuki ruang upacara, baik itu petugas, pembina, tamu dan anggota ambalan yang lain.
Upacara adat dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, setelah itu pembacaan Sandi Ambalan. Upacara dilanjutkan sambutan dan petuah dari Pembina, dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan dan penyematan tiska, dilanjutkan ucapan selamat dan jabat tangan dari seluruh tamu dan peserta upacara. Upacara ditutup dengan pembacaan doa.

Upacara adat ini semoga bisa memberikan motivasi bagi mereka yang mendapatkan tanda penghargaan, untuk bisa meningkatkan lagi jiwa korsa dan loyalitas pada ambalan dan gugusdepan, dan juga memotivasi bagi anggota ambalan yang lain.

Parikesit/Chandrasakti Rover&Ranger Scouts, keep your brave, respect & honour.....
Salam Pramuka!!!

4 komentar:

Anonim mengatakan...

sebuah adat yang mengandung filosofi mendalam,,,
teruskan,,,

JAYA PRAPADRA!!!

Anonim mengatakan...

KAK FILMNYA BAGUS KREATIF
BAHASA JAWA APEK

rizeman mengatakan...

Halo Pramuka SMKN 1 Bawang ! Aku mau nanya neh , Bawang itu termasuk Kab.Batang pa bukan ?
Selamat dan sukses untuk Upacara Adat Penyerahan Tiska TKPP-nya...

Gudep SMK Negeri 1 Bawang mengatakan...

Bawang itu adalah salah satu kecamtan di Kabupaten Banjarnegara